Hayo Solat Subuh...!!!!

Hayo sahabat blogger pasti denger judul diatas udah pada males ni,hahhaha… ngomongin solat subuh sih… ada yg tau gak solat subuh berapa rokaat? Yaps betul sholat subuh berjumlah 2 rokaa’at namun entah kenapa jumlah shaf nya paling sedikit di masjid?ckkckckckck…

Padahal dalam 2 raka’at tersebut Alloh dapat mengukur tingkat ketaqwa’an seseorang. Maksudnya gak sembarang orang bisa mengerjakan sholat subuh yang hanya 2 raka’at secara rutin melainkan orang-orang yang selalu ingat Rabb nya. Rasulullah bersabda:



ليس صلاة أثقل على المنافقين من الفجر والعشاء، ولو يعلمون ما فيهما لأتوهما ولو حبْوا. متفق عليه

“Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang munafik adalah shalat Isya’ dan shalat Subuh. Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung di dalamnya, niscaya mereka akan mendatangi keduanya (berjamaah di masjid) sekalipun dengan merangkak [HR Al-Bukhari dan Muslim]

Nah disini saya mau coba menyadarkan pikiran-pikiran sobat blogger yang masih males solat subuhnya dengan beberapa hadist keutamaan sholat yang hanya berjumlah 2 rakaat ini dengan berjama’ah. Mau tau?

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم
من صلى الصبح فى جماعة فهو فى ذمة الله
رواه ابن ماجة وصححه الألبانى

Rasululloh shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa sholat subuh dengan berjamaah (dimasjid) maka ia berada dalam tanggungan Alloh.” [HR. Ibnu Majah dan dishohihkan oleh Al-Albany]

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم
من صلى العشاء في جماعة فكأنما قام نصف الليل، ومن صلى الصبح في جماعة فكأنما قام الليل كله. رواه مسلم

Rasululloh shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa sholat isya dengan berjamaah, maka seolah-olah ia telah sholat separuh malam, dan barangsiapa sholat subuh dengan berjamaah, maka seolah-olah ia telah sholat sepanjang malam.” [HR. Muslim]

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم
ليبشر المشاؤن فى الظلم إلى المساجد بالنور التام يوم القيامة
رواه ابن ماجه وخزيمة فى صحيحه
Rasululloh shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda, “Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang banyak berjalan dalam kegelapan (waktu Isya’ dan Subuh) menuju masjid dengan cahaya yang sangat terang pada hari kiamat”
[HR. Ibnu Majah dan Khuzaimah dalam shohihnya]

bagaimana sobat blogger??

masih mau meninggalkan solat subuhhhhh....????

RUgiiiiii kalo ditinggalin..

20 comments:

October 18, 2009 at 4:39 AM Ramuni said...

duh jadi malu :c:

October 18, 2009 at 7:09 AM Be Better said...

bagi saya sih mas, ga ada alasan untuk ninggalin sholat, selama masih bernafas dan masih sadar jiwanya (tidak tidur/ tidak gila). Manfaat sholat shubuh berjamaah disamping memang memenuhi kewajiban,
1. ada sholat fajar (sholat qobliyah 2 rakaat sblm sholat shubuh) yang kebaikannya lebih dari bumi seisinya.
2. Abis sholat bisa ndengerin tausiyah (kultum)
3. Bisa menghirup udara pagi yang sehat dan segar
4. Abis dari masjid bisa langsung jogging deh...

October 18, 2009 at 8:51 AM cerita cinta said...

hehe,
iya yah...
sholat shubuh emang godaannya banyak banget

October 18, 2009 at 8:56 AM cerita cinta said...

oh,yah boleh tukeran link..? untuk menjalin persahabatan yang lebih akrab...

linknya sudah saya pasan duluan. silahkan di cek... :f:

October 18, 2009 at 7:08 PM ina said...

tentu engga mau dunk ninggalin sholat subuh,....

gag hanya sholat subuh doank... gag mau ninggalin sholat 5 waktunya....

nice post kakag :n:

October 19, 2009 at 3:32 AM NURA said...

salam sobat
siip artikelnya
memang godaannya malas, masih ngantuk kalau subuh ya,,
anak saya sampai dibangunin 3 kali ,,

October 20, 2009 at 1:15 AM narti said...

insyaallah tidak meninggalkan sholat subuh n sholat lainnya. amiinnn.

October 20, 2009 at 1:17 AM sda said...

pic-nya Masjid Nabawi, lihatnya jadi adem...terasa ada kedamaian.

October 22, 2009 at 6:25 PM ♥ria♥ said...

:n: semangat subuh hihihi

October 23, 2009 at 6:52 AM Jimox said...

jadi takut ninggalin sholat subuh nih :)

October 25, 2009 at 11:29 PM Osi said...

Sholat Subuh pasti dunk...walau kadang ada rasa malaz...tapi tetap di kerjakan solat Subuhnya....

October 29, 2009 at 2:21 AM nYieL ^_^ said...

Wew,ni dia...
Gimanapun dan apapun aLasannya...
SoLat Subuh harus te2p dikerjakan! (:
Yok Cemangat soLat Subuh...!!

October 29, 2009 at 2:09 PM Cyntia said...

bentar lagi nih kak.. makasih udah diingetin.. adzan sudah berkumandang.... Tia pamid sholat subuh dulu yah

October 31, 2009 at 9:14 AM Mbah cyber said...

Sholat subuh jg bs meningkatkan kesehatan jg lho..Percaya gak percaya silahkan buktikan sndri,oh ya sob,blog mbah dpt hadiah PR 3 ni

November 6, 2009 at 7:29 PM Rkeyla said...

nice post sob
jgn sampai dech ninggalin shalat

November 18, 2009 at 10:23 PM mbah cyber said...

W@ah lama nggak diupdate nich..kemana tuannya..sibuk fb ya hehehe

November 24, 2009 at 4:49 AM situs pasang iklan said...

shalat shubuh memang istimewa banget...

November 24, 2009 at 9:27 PM Ginanjar Dwi Putranto said...

gw pengen solat subuh setiap hari di mesjid tapi kaga bangun2..

February 24, 2010 at 6:48 PM Clayton College of Natural Health said...

Hello mas uss... hehehe googling2 mendaratnya disini. infonya numpang di pake yah

Post a Comment